Red Lover

February 12, 2011

Ahli IT Pembuat Antivirus, Jejaring Sosial, Game Edukasi seumuran SD-SMA (busyet inside...)

Jumat/11-02-2011


Bandung, (tvOne).

Lima anak berprestasi luar biasa mendapatkan kesempatan untuk memaparkan keahliannya di bidang informasi dan teknologi di depan civitas akademika Institut Teknologi Bandung.
Sepanjang gw nonton acara di Tv One td sore, ekspresi yang bisa gw ungkapkan cuma "Buseeet, Gilaaa, sampe kadang-kadang Anjr***t keren banget..."

Konsep awal dari ITBnya sebenarnya adalah kuliah umum untuk 50 orang, yang disajikan oleh anak-anak berbakat yaitu, Arrival, Taufik, Yahya, Fahma, dan Hania. (Hania yang paling kecil, umurnya 6 tahun.. Gilaa...) kemudian dari bagian IT-nya memberitahukan ke pihak rektorat dan akhirnya jadilah acara "live" di aula timur ITB yang disiarkan Tv One selama 2 jam full dengan judul INDONESIA GEMILANG.

 Presentasi dari ketiga Tim Berbakat

Lima orang anak-anak itu terbagi ke dalam tiga tim, antara lain:

1. Arrival Dwi Santoso & Taufik Aditya Utama : Salut dan bener-bener kagum dengan kedua anak ini. Antivirus yang mereka buat ini adalah antivirus lokal terbaik ketiga se-Indonesia.(buseeet) Pembuatnya, Arrival, masih duduk di kelas VII SMP (kelas 1 SMP !!!) dibantu dengan kakaknya, Taufik, yang juga masih kelas 3 SMA. Latar belakang mereka adalah karena kesal dengan virus yang merusak komputer mereka hingga ke motherboardnya. (sedangkan pada umumnya orang-orang yang kesel dengan virus justru bikin virus baru, wkwkwk) Yang bikin gw terkagum-kagum lagi, mereka ini cuma belajar secara otodidak (gilaa) selama 1 tahun. Judul dari antivirus mereka adalah ARTAV, singkatan dari nama mereka. ARTAV yang mereka kembangkan ini database virusnya bisa dibilang maknyus plus ada anti hacker (nah lo, baru denger kan) sama fd protector.

Si Programmer (Kakak Beradik)
 
 
 Tampilan ARTAV
Bukan cuma di Indonesia aja antivirus ini didownload, sudah sampe jepang, malaysia, israel, india, dan lainnya. (ckckck) Dan sudah didownload 150.000 pengguna. (info dari tadi sore).
Link untuk downloadnya bisa kamu klik di sini.



2. Muhammad Yahya Harlan : Gw belum selesai kagumnya dengan pembuat antivirus yang tadi, naah, ini anak lebih bikin ngaco lagi. Masih duduk di kelas 7 Sekolah Alam di Bandung, kecil-kecil gini sudah bisa bikin jejaring sosial. (whoaaah) Dengan dibantu ayahnya, jejaring sosial yang dia bikin ini berkonsepkan islami lho,  mantep tuh. (buset, calon Mark Zuckerberg ni anak) Dengan Tampilan yang mirip fb, biar para pengguna bisa tetep familiar. Nah, di situs itu terdapat berbagai macam fitur islami seperti Al quran, radio, dan video dakwah, cakep dah. Si Yahya ini emang sudah tertarik dan mulai belajar dari kelas 5 SD (ckckck) dan yang dia pelajari ini progamming lhoo... (Gilaaa, nginget beberapa temen gw yang bahkan ngerjain microsoft word aja masih "katro" XD)
Si empunya di depan Halaman Log in
 
Tampilan salingsapa.com
Sampe info tadi sore, jejaring sosialnya ini sudah ada 5.500 pengguna dari 52 negara (subhanAllah, sekalian islami, hhe) dari AS, norwegia, belanda, malaysia. Oia, judul jejaring sosialnya adalah Saling Sapa.
Nyoh, yang mau langsung sign up di salingsapa.com atau klik aja di sini.


3. Fahma Waluya & Hania Pracika : Kali kalo batin gw kurang kuat bisa pingsan nih gw td.  Dua kakak beradik ini bukan lagi pemain baru di dunia IT, pernah juara Pemrogram Termuda Dunia Ovi Nokia, Juara II APICTAA 2010, Juara I INAICTA 2010, Juara II WIC 2010, Juara I Kontes Robot Cilik 2010 (se-Asia semua tuh, haaaghh...). Fahma ini umurnya 12 tahun dan adiknya Hania umurnya cuma 6 tahun ( T T hebaat bangeeet). Mereka berdua ini jagonya bikin software game, game edukasi, dan salah satu permainannya udah dibeli sama Nokia (Nokia, nokiaaaa..*mulut penuh dengan busa)

Si jenius dengan adiknya XD

Juara I INAICTA 2010 (T T mau nangis)

Salah satu game edukasi buatan meraka adalah dengan judul My Mom's Mobile Phone As My Sister's Tutor yang merupakan kumpulan program game edukasi sederhana yang dibuat menggunakan Adobe Flash Lite untuk ponsel Nokia E71. (masih kecil udah maenan Adobe Flash, T T) Dan game mereka yang inilah yang membuat mereka juara I INAICTA 2010. (Saluuut). Dan di akhir presentasi (judul presentasinya bermakna banget lho, sharing is caring) si Fahma memberitahu mottonya yaitu "Menjadi juara memang menyenangkan, tetapi menciptakan juara baru lebih menyenangkan." (T T bener-bener terharu)


Dan, itulah, anak-anak berbakat Indonesia, Inovator yang sangat LUAR BIASA di bidang IT...
Okeh, dan ini untuk pertama kalinya gw bikin entri yang up to date... XD

2 comments: